Penyakit Hipertiroid

Halaman ini ditelusuri dengan pencarian: khasiat gamat untuk hipertiroid, khasiat gamat gold untuk hipertiroid, khasiat jelly gamat gold untuk hipertiroid, khasiat gamat untuk penyakit hipertiroid, khasiat gamat gold untuk penyakit hipertiroid, khasiat jelly gamt gold untuk penyakit hipertiroid

 

Berbicara tentang khasiat gamat untuk hipertiroid atau penyakit hipertiroid, sudah terlalu banyak artikel yang mengulas akan manfaat dan khasiat gamat gold untuk hipertiroid. Di bawah ini akan kita bawakan laporan yang di muat oleh majalah yang sangan terkenal yaitu MAJALA TRUBUS akan khasiat jelly gamat gold untuk hipertiroid. Bagi Anda yang saat ini lagi mencari artikel yang mengulas manfaat dan khasiat gamat untuk penyakit hipertirod, silahkan simak artikel di bawah ini

HIPERTIROID TAK BIKIN GONDOK 
(Trubus 01 November 2009)

Ke mana pun pergi kipas tak pernah lepas dari tangan andi zahra. Perempuan 45 tahun itu mudah lelah, berkeringat, dan nafsu makan turun. Hanya dalam 3 bulan, bobot tubuh anjlok menjadi 48 kg dari semula 68 kg. Zahra setinggi 165 cm tampak kurus kering. Biang keladi itu semua adalah hipertiroid alias kelenjar tiroid berlebih.

Andi Zahra semula mengira keletihan itu efek samping olahraga. Ia memang gemar bermain softball. Namun, ketika ia menghentikan aktivitas olahraga, kelelahan tak kunjung sirna. Selain itu, ‘Saya kerap merasa kegerahan tanpa sebab,’ kata kelahiran 12 Maret 1964 itu.Gejala lain, diare hingga 20 kali sehari. Gangguan kesehatan itu ia rasakan selama 4 bulan.

Kondisi itulah yang mendorong ia memeriksakan diri ke dokter. Hasil pemeriksaan  membuktikan ia positif hipertiroid. Tiroid atau kelenjar gondok adalah organ yang berfungsi mengatur proses metabolisme tubuh seperti detak jantung dan pertumbuhan tinggi badan. Kemampuan tubuh membuat protein dipengaruhi oleh kelenjar berbobot 28,4 g itu.

Rusak

Tiroid itu rusak jika menyimpang dari fungsinya memproduksi dua macam horman, T3 triiodotironin dan T4 triiodotriosin. Menurut Prof dr Slamet Suyono SpPD-KE, endokrinologis Rumahsakit Ciptomangunkusumo, Jakarta, kondisi kelainan kelenjar bermacam-macam. Bisa berupa hipotiroid, eutiroid, dan hipertiroid. Jika kelenjar gagal memproduksi hormon seperti keadaan normal, kondisi itu disebut hipotiroid.

Eutiroid adalah sebutan fungsi kelenjar berjalan normal, tetapi kondisinya membesar. Sementara pada kasus hipertiroid, kelenjar terlalu aktif memproduksi hormon sehingga kadar T3 dan T4 dalam butuh berlebih. Dampaknya terjadi peningkatan fungsi  tubuh sehingga penderita kerap buang air besar, badan sering berkeringat, letih dan lesu, serta bobot badan anjlok.

Penyebab rusaknya tiroid beragam, seperti peradangan pada kelenjar tiroid, konsumsi hormon tiroid berlebih, dan produksi TSH thyroid stimulating hormone pada kelenjar pituitari yang abnormal. Itulah yang dialami Andi Zahra sejak 1992. ‘Kadar T4 saya saat itu 17 µg/dl, TSH 0,01 µIU/ml,’ kata Zahra. Disebut hipertiroid jika kadar T4 melebihi ambang normal 4,3-12,4 µg/dl. Nilai ambang normal untuk TSH 0,50-4,00 µIU/ml.

Dokter menyarankan pengobatan antitiroid selama 6 bulan. Zahra rutin mengkonsumsi 10 tetes obat dari dokter 2 kali sehari. Namun, setelah setengah tahun pengobatan, ia tak kunjung sembuh. Delapan tahun berselang, benjolan membesar menjadi sebesar bola tenis. Ia pun kerap kesulitan tidur. Kondisi fisik melemah, tak heran emosinya pun gampang tersulut.

Pada pertengahan 2007, ia tak mampu lagi menelan nasi sehingga menggantungkan nutrisi dari buah dan susu. Kesehatan tubuhnya terus melorot sehingga ia hanya mampu terbaring di tempat tidur. Kadar T4 melonjak menjadi 20 µg/dl. ‘Kadar TSH nyaris nol,’ kata Zahra.

Antitiroid

Seorang kerabat menyarankan alumnus Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, itu untuk mengkonsumsi ekstrak teripang. Ia rutin mengkonsumsi 3 sendok makan teripang 3 kali sehari. Efeknya mulai terasa setelah sehari: ia mampu menelan nasi. Tiga hari kemudian, bobot badan Zahra naik setengah kg. Efek lain gejala kerap berkeringat dan buang air besar ketika bersantap pun hilang.

Pemeriksaan terakhir pada Juli 2009, kadar T4 7 µg/dl alias normal. Kadar TSH 0,25 µIU/ml alias dalam kondisi membaik. Menurut Dr Muhilal, pakar gizi di Bogor, Jawa Barat, pasien hipertiroid membutuhkan vitamin, mineral, dan asupan antitiroid. Mineral dan vitamin berfungsi membantu kelancaran sekresi hormon peningkat kekebalan tubuh. Faedah lain membersihkan racun di ginjal yang menghambat keseimbangan hormon tiroid dalam darah.

Komoditas yang mampu memenuhi itu semua antara lain teripang, spirulina, dan chlorella. Teripang misalnya, mengandung 59 jenis asam lemak, 9 jenis karbohidrat, 19 jenis amino, 10 jenis mineral, 25 vitamin, dan 5 jenis sterol. Dengan peran itu, ekstrak teripang membantu proses penyembuhan hipertiroid yang dialami Andi Zahra. Zahra pun tak lagi gondok alias kesal. (Faiz Yajri)

Kerja Tiroid

Tiroid satunya-satunya organ tubuh manusia yang dapat menyerap yodium atau iodin melalui pencernaan. Dengan asam amino tirosin, kelenjar mengubah yodium menjadi hormon tirosin berupa triiodotironin T3 dan triiodotiroksin T4. Dalam keadaan normal dikeluarkan 80% T4 dan 15% T3. Sisanya hormon lain seperti T2. T3 dan T4 membantu sel mengubah oksigen dan kalori menjadi tenaga. Setelah hormon tiroid digunakan, beberapa yodium dalam hormon kembali ke kelenjar tiroid dan didaurulang menghasilkan hormon tiroid. *** (TRUBUS 01 NOVEMBER 2009)

 


Tags: khasiat gamat untuk hipertiroid, khasiat gamat gold untuk hipertiroid, khasiat jelly gamat gold untuk hipertiroid, khasiat gamat untuk penyakit hipertiroid, khasiat gamat gold untuk penyakit hipertiroid, khasiat jelly gamt gold untuk penyakit hipertiroid

 
 
 
 
 
 
 
 
 
www.jellygamatgold.net
Pilihan Bahasa